Jelang Pilkada 2024, Polres Aceh Tamiang Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Share:

ACEH TAMIANG - Jelang Pilkada 2024, Polres Aceh Tamiang menggelar simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) untuk menguji kesiapan aparat dalam menghadapi potensi gangguan keamanan. 

Simulasi tersebut berlangsung di halaman tribun belakang kantor Bupati Aceh Tamiang, Jumat (23/8/2024) sore.

Kegiatan simulasi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel kepolisian dan mengantisipasi berbagai potensi ancaman serta situasi darurat yang mungkin muncul selama tahapan Pilkada. 

Simulasi diawali dengan persiapan pengamanan yang dilakukan oleh personel gabungan dari berbagai unit.

Dalam simulasi, diperagakan beberapa skenario, termasuk pelaksanaan kampanye oleh pasangan calon. Namun, di tengah kampanye tersebut, terjadi pelemparan dan keributan yang memaksa personel Pengamanan VIP untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan.

Simulasi berlanjut dengan proses pemungutan suara di sebuah tempat pemungutan suara, di mana terjadi keributan yang memicu aksi protes dari massa. 

Protes ini berlanjut ke depan kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP), dimana aparat kepolisian terpaksa mengamankan aksi tersebut.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Muliadi, mengatakan, bahwa simulasi ini merupakan bentuk dukungan kepolisian dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif selama Pilkada.

“Dalam simulasi ini, kami menguji berbagai skenario, termasuk pengamanan massa yang berunjuk rasa dan membendung aksi yang bersifat anarkis,” ujar Kapolres.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini